Tujuan Pendidikan Nasional di Indonesia secara Umum | Dosenpedia.com – Berbicara mengenai kemajuan suatu bangsa, tentunya tidak akan lepas dari kualitas Sumber Daya Manusia. Dimana dalam kenyataannya hal tersebut berhubungan erat dengan penerapan tujuan pendidikan nasional yang terus mengalami perubahahan sesuai tuntutan zaman.

Kenapa Pendidikan Itu Penting?

Sebelum membahas lebih lanjut soal rumusan tujuan pendidikan nasional, perlumemahami dahulu mengenai pentingnya hal pendidikan bagi suatu bangsa. Sebagai negara maju dan berkembang, tentunya kualitas Sumber Daya Manusia menjadi salah satu faktor utama.

Kemana arah negara melangkah tidak lepas dari dukungan dan peran masyarakat. Hal ini juga berkaitan dengan pentingnya pendidikan. Dimana hal itu sangat berpengaruh terhadap kualitas Sumber Daya Manusia, sehingga memiliki pemikiran progresif dalam bersikap dan bertindak.

Setiap bangsa selalu memimpikan adanya kemajuan. Dan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, perlu adanya upaya serius. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki dan meningkatkan mutu maupun kualitas masyarakat melalui proses pendidikan.

Tujuan Penting Pendidikan Nasional

Setelah membahas tentang pentingnya ilmu pengetahuan, maka perlu juga diketahui dan dipahami bahwa dalam pelaksanaan pendidikan nasional tentunya tidak akan bisa lepas dari perumusan tujuannya.Karena hal tersebut merupakan arah yang akan dicapai suatu bangsa, seperti uraian berikut ini:

1. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Salah satu tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia yang berlandaskan pada Undang – Undang Dasar adalah mencerdasakan kehidupan bangsa. Meskipun dalam penerapannya akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan sesuai dengan tuntutan zaman.

Tujuan ini bisa dijabarkan bahwa kehidupan dan kemajuan suatu bangsa tergantung dari kualitas sumber daya manusianya. Dan tentunya hal ini tidak lepas dari peran pendidikan. Dimana hal ini akan jadi penentu apakahsuatu negara akan bergerak maju atau malah mundur.

Berdasarkan hal tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa pendidikan merupakan kunci kecerdasan kehidupan suatu bangsa. Selain itu, juga merupakan ladang investasi jangka panjang yang ikut berperan dalam menentukan kesuksesan negara.

2. Menciptakan Generasi Berakhlak Mulia

Seperti yang diketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, dimana setiap individu memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda. Maka, hal ini berpotensi menjadi sumber konflik dalam hidup bermasyarakat, terlebih jika terdapatsikapintoleran.

Pendidikan akan mengajarkan tentang pentingnya berperilaku positif dan menanamkan rasa tenggang rasa. Ini merupakan point penting karena jika semua lapisan masyarakat terutama generasi muda memiliki akhlak mulia,maka kehidupan bangsa tersebut akan jauh lebih baik.

Akhlak mulia merupakan solusi yang dapat menghindarkan seseorang dari konflik di masyarakat. Karenanya, perlu diajarkan dan ditanamkan sejak dini. Hal ini menjadi salah satu tujuan pentingnya penerapan pendidikan agar terwujud bangsa yang aman dan tentram.

Baca Juga : Contoh Poster pendidikan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

3. Mengembangkan Kreativitas

Sistem pendidikan nasional di Indonesia salah satunya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berkreasi. Kemampuan ini dapat berbentuk menganalisa pola, fakta-fakta yang ada kemudian dimodifikasi dan direalisasikan dalam bentuk berbeda.

Kreativitas berperan penting dalam kesuksesan yang diraih individu dan jelas tidak dapat dipungkiri. Karena dengan kreativitas, akan muncul penemuan dan terobosan baru yang bermanfaat. Untuk mengembangkan kreativitas perlu adanya dorongan dari diri sendiri juga orang disekitarnya.

Proses pengajaran yang baik tidak hanya berbicara soal ilmu pengetahuan, namun juga mengajarkan cara menyelesaikan masalah. Dengan hal tersebut,diharapkan mampu berkontribusi dalam menemukan solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi suatu bangsa.

4. Menciptakan Manusia Berkepribadian Mandiri

Salah satu tujuan dari pendidikan nasional yaitu menciptakan individu yang memiliki kepribadian mandiri. Sehingga, diharapkan mereka akan mampu melakukan segala sesuatu sendiri dan mengatasi permasalahan tanpa perlu merepotkan atau bergantung pada orang lain.

Saat ini, sudah dicanangkan program pendidikan pembangunan karakter sebagai upaya menciptakan kepribadian yang mandiri. Tujuannya agar lebih terarah dan terus berkelanjutan untuk peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.

Pemuda sebagai generasi pemimpin bangsa perlu dibekali pendidikan karakter dan kepribadian mandiri. Karena harapan masa depan bangsa berada di tangan mereka. Hal ini menjadi modal penting agar dapat bekerjasama atau bersaing secara tangguh dan terhormat dengan bangsa lain.

5. Menanamkan Rasa Bertanggung Jawab

Pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan, memperbaiki kualitas dan mutu, baik dari segi perilaku hingga sikap seseorang. Semakin tinggi kualitas individu dalam masyarakat, akan berpengaruh terhadap kemajuan bangsanya.

Tanggung jawab merupakan kemampuan memahami sesuatu. Berusaha untuk melakukan yang bersifat positif dan meninggalkan hal-hal negatif. Sifat ini penting ditanamkan dalam diri seseorang karena dapat berpengaruh terhadap kesuksesan dalam kehidupannya.

Selain itu, manusia sebagai makhluk sosial yang hidup bermasyarakat, dimana cara berfikir, berbicara, bahkan dalam berperilaku harus dapat dipertanggungjawabkan karena semuanya terikat oleh lingkungan, bangsa dan negara.

6. Mengembangkan Kualitas dan Potensi dalam Diri

Secara garis besar, tentu dapat dibedakan antara orang berpendidikan dan tidak. Karena hal tersebut dapat jelas terlihat atau tergambarkan dari cara bersikap, bertutur kata, berfikir dan mengelola emosi ketika menghadapi suatu permasalahan.

Sebagai upaya mengembangkan kualitas dan menggali potensi diri seseorang, caranya dengan meningkatkan pendidikan baik dari segi kecerdasan intelektual (IQ), emosional(EQ) maupun spiritual (SQ). Hal ini selaras dengan pemikiran yang ditetapkan oleh UNESCO.

Perlu dipahami bahwa pada hakekatnya manusia diciptakan untuk membangun peradaban agar tercipta kehidupan yang bahagia dan sejahtera. Tentunya hal ini dapat terwujud melalui proses pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional.

7. Menciptakan Manusia yang Memiliki Iman dan Takwa

Kemajuan suatu negara tidak hanya dilihat dari faktor materil saja, namun juga mental. Bahkan seringkali perkembangan sehebat apapun menjadi percuma, malah menjadi bumerang ketika dimanfaatkan oleh orang yang salah dan tidak bertanggung jawab.

Untuk mengatasi hal seperti itu, sangat penting menerapkan pendidikan yang berbasis pada pembangunan karakter. Pada prosesnya, hal tersebut tidak hanya berfokus pada ilmu pengetahuan namun juga pada iman dan takwa serta rasa kemanusiaan.

Pendidikan karakter sebaiknya dimulai sejak usia dini dengan menanamkan nilai-nilai religius. Meskipun hal ini sudah diajarkan dalam budaya atau kultur, namun pada kenyataannya susah di terapkan dalam kehidupan.

8. Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air

Rasa cinta terhadap tanah air merupakan hal yang penting untuk ditanamkan sejak usia dini kepada masyarakat. Karena hal ini akan membuat sebuah negara menjadi kokoh dan memiliki pendirian kuat.Semua hal tersebut dapat diperoleh melalui proses belajar.

Negara maju perlu membangkitkan rasa cinta tanah air dari diri masyarakat. Tujuannya agar timbul rasa bangga dan keinginan untuk melindungi serta mempertahankan kesatuan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan kewarnegaraan.

Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan agar masyarakat tidak mudah goyah terhadap penawaran kejayaan yang sifatnya semu, ataupun dapat dengan mudah terpengaruh nilai-nilai budaya luar yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa.

Itulah beberapa rumusan tujuan pendidikan nasional bangsa Indonesia. Saat ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui program-program untuk meningkatkan kesadaran dan mengembangkan kualitas pendidikan agar dapat mewujudkan mimpi menjadi negara maju.

Demikian Tujuan Pendidikan Nasional di Indonesia secara Umum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here