Contoh Poster pendidikan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

0
809
Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Dalam proses pembelajaran memang harus dibuat semenarik mungkin agar siswa selalu antusias dalam mengikutinya. Salah satu media yang bisa digunakan adalah poster pendidikan. Biasannya didesain dan berisi kalimat infomatif dalam bentuk tulisan, gambar atau gabungan keduanya. Tentunya juga harus bersifat mendidik serta memberikan pengetahuan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pembuatan Poster Pendidikan

Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan poster pendidikan. Ini dilakukan agar nantinya lebih sesuai dengan target dari pembaca. Pertama, untuk menarik perhatian maka sebaiknya dlengkapi dengan gambar yang mencolok supaya dapat menggugah rasa penasaran siswa.

Kedua, karena poster dibaca dengan jarak minimal satu meter, maka harus memilih bentuk dan ukuran huruf yang mudah untuk dibaca walaupun sambil lalu-lalang. Agar siswa semakin tertarik,sebaiknya menggunakan tulisan mudah dingat, efektif dan juga sugestif.

Ketiga, gunakan bahasa dan kalimat singkat, padat dan jelas agar mudah dipahami oleh siswa.  Keempat, hindari untuk mengisi seluruhnya dengan gambar atau tulisan. Hal tersebut bisa menurunkan keinginan mereka untuk membacanya dengan detail dan jelas.

Kelima, Anda harus memperhatikan keindahan postertersebut agar terlihat lebih menarik perhatian siswa. Keenam, disarankan untuk menyesuaikan ukuran tempat dalam memasangkan media tersebut. Usahakan jangan membuat dengan ukuran sangat besar, karena memakan banyak ruang.

Baca Juga : Pengertian Pendidikan dari Beragam Sudut Pandang

Tahapan Pembuatan Poster

Poster pendidikan yang dibuat nantinya dijadikan sebagai media pembelajaran dengan tujuan menyampaikan informasi. Cara paling mudah untuk membuatnya adalah dengan menggunakan software desain grafis di komputer. Tetapi juga bisa dibuat dengan cara menggambar dan melukis.

Berikut ini adalah bebeberapa tahapan proses pembuatannya:

1. Menentukan Tema dan Tujuan

Tema adalah sebuah ide atau gagasan dalam pembuatan poster, contohnya pendidikan, kesehatan, traveling dan sebagainya. Sedangkan tujuan itu sendiri merupakan penjabaran untuk topik yang sudah dipilih.

Karena tema yang dipilih adalah pendidikan, maka hanya berfokus kesana. Jangan sampai melenceng dari topik tersebut. Setelah itu, pikirkan tujuan poster tersebut untuk apa? promosi, sosialisasi atau hanya sekedar informasi saja.

Bagian ini harus dipikirkan sejak awal, sehingga saat menjelang proses pembuatan sudah tidak kebingungan lagi dalam menentukan tema dan tujuannya. Pastikan juga poster tersebut dibuat semenarik mungkin dan infomatif.

2. Memilih Kalimat dengan Singat. Padat dan Jelas

Pada saat proses penyusunan kalimat, hindari pengulangan kata. Disarankan untuk menggunakan kalimat persuasif. Jangan lupa menggunakan suatu slogan keberadaannya juga sangat penting karena membuat siapapun yang membacanya dengan mudah mengingatnya.

3. Menentukan Komposisi Poster

Untuk poster yang dibuat dengan tujuan sebagai media promosi, tentu Anda harus mencari tahu tentang gambar, kata-kata dan layout. Karena jika untuk hal tersebut maka sifatnya harus singkat, padat, jelas dan juga langsung tepat sasaran.

Keberadaan gambar dalam suatu poster bisa membantu visualisasi ide maupun gagasan. Namun pastikan juga jangan sampai tumpang tindih, caranya dengan menyisakan ruang untuk menuliskan teks biar tidak terlihat sangat penuh.

Agar lebih bagus sebaiknya memilih gambar dengan kualitas yang bagus supaya tidak pecah saat dicetak di poster. Untuk pemilihan warna dan fontjangan sampai membuat tulisan sulit dibaca karena bertabrakan satu sama lain.

Poster biasanya tidak dilihat dengan jarak dekat saja. Ada juga yang lewat, lalu mendekatinya karena merasa tertarik. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan teks dengan ukuran besar dan memilih warna yang kontras dan variatif agar lebih kelihatan dariobjek lain di sekitarnya.

Warnai poster tersebut dengan menggunakan krayon, pensil warna, cat, spidol atau alat pewarna lainnya. Untuk itu, lebih baik lakukan riset ataupun survei pada orang terdekat, tanyakan apakah pemilihan warna dan juga font sudah enak dibaca atau belum. Jika tidak maka sebaiknya dirubah.

4. Metode Pembuatan Poster yang Mudah

Ada dua metode dalam membuat poster, yaitu dengan mengupload desain sendiri dan memilih ratusan tamplate poster yang sudah disediakan.  Terdapat berbagai tema desain dari berbagai industri dan tersedia secara online, mulai dari Consulting & Recruitment, Art & Crafts,Fashion, Wedding dan masih banyak lagi.

5. Memilih Bahan Poster

Ada dua bahan untuk membuat poster, yaitu ekonomis dan premium. Pilihan tersebut disediakan agar memberikan kemudahan pada Anda saat memilih kertas yang disesuaikan dengan budget.

Untuk premium ini menggunakan kertas dengan kualitas terbaik, extra fancy dan hasilnya membuat tampilan poster sangat mewah. Sebenarnya, kedua bahab tersebut sama-sama bagus, hanya tergantung pada keinginannya dan pilihan mana yang akan digunakan.

6. Memilih Ukuran Poster

Biasanya poster dibuat dengan ukuran A4, A3 dan B2. Agar mudah saat memilihya, sebaiknya disesuaikan dengan tempat pemasangannya. Misalnya dipasang di dinding, ditembok kelas, papan pengumuman, dipagar dan sebaginya.

Contoh Poster Pendidikan

Di bawah ini akan ditunjukkan beberapa contoh dari poster pendidikan mulai dari Paud hingga SMA. Bantuk poster disetiap jenjangnya memiliki tujuan dan desain yang berbeda-beda. Daripada penasaran, langsung saja disimak:

1. Contoh Poster Pendidikan Paud

Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Pada dasarknya, ketika anak berusia 4 tahun dimasukkan ke dalam Paud bukan untuk menjadi yang paling pintar. Karena masa tersebut masih pada tahap pengenalan yaitu mengenal warna, huruf, angka, nama-nama binatang, buah-buahan dan sebagainnya.

Contoh poster pendidikan di atas sangat cocok untuk anak Paud. Dalam satu halaman langsung dicantumkan tentang warna, angka, binatang dan juga buah-buahan. Diharapkan mereka bisa lebih mudah paham dan senang saat berada di kelas.

Baca Juga : Pentingnya Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

2. Contoh Poster Pendidikan TK

Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Saat anak-anak memasuki TK, maka mulai diajari tentang mambaca, menulisdan berhitung. Akan tetapi, agar mereka tidak jenuh dan bosan maka dibuatlah poster pendidikanuntuk media pembelajarannya.

Poster pendidikan diatas sedikit mengenalkan kepada mereka soal bahasa. Dimulai dari hal-hal sederhana. Kemudian disisipkan binatang-binantang lucu beserta namanya dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

3. Contoh Poster Pendidikan SD

Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Alangkah lebih baik jika menanamkan kebiasaan membaca buku sejak kecil. Pada tahap ini sangat cocok dimulai sejak masih di bangku sekolah dasar. Selain masih dini, juga belum ada pengaruh buruk lainnya.

Maka dari itu poster pendidikan tersebut sangat cocok untuk anak sekolah dasar. Diharapkan mereka mau mencintai buku dan selanjutnya diikuti dengan kebiasaan membacanya.

4. Contoh Poster Pendidikan SMP

Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Saat berada di bangku SMP biasanya anak-anak mulai malas belajar dan lebih memilih bermain game atau nonton TV. Bahkan ada yang sering membolos sekolah. Untuk itu, perlu untuk menyadarkan mereka bahwa sekolah itu mahal.

5. Contoh Poster Pendidikan SMA

Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

Pada bangku SMA merupakan masa paling menyenangkan. Pada tahap ini mereka mulai beralih dari remaja menuju dewasa. Maka perlu menampilkan poster tersebut untuk memotivasinya agar terus belajar dan menjadi orang berpendidikan.

Itulah pembahasan tentang poster pendidikan, mulai dari jenjang paud hingga SMA. Diharapkan pesan tersebut bisa menjadi motivasi siapapun yang membacanya. Intinya, jangan membuat poster yang berkesan memaksa dan terlihat norak.

Demikian Contoh gambar Poster pendidikan yang berkarakter dan Sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here